LAB 3: Menghubungkan Router GNS3 ke Real Device (Komputer) menggunakan WInbox

Menghubungkan Router GNS3 ke Real Device (Komputer)

Pada umumnya pengguna mikrotik, mereka melakukan konfigurasi pada router mikrotik tersebut dengan menggunakan winbox. Rasanya tidak mungkin pengguna mikrotik tidak mengetahui winbox. Tapi bagi yang belum tau dan belum pernah mencoba menggunakan winbox, tenang saja, karena penggunaan winbox tidak rumit kok, karena secara konsep dan teknis, penggunaan CLI dan winbox sebenarnya sama saja, hanya saja winbox dilengkapi dengan GUI. Untuk winboxnya, kita bisa download di situs resmi mikrotik www.mikrotik.com.

Menghubungkan GNS3 dengan Komputer
Secara teori, antar komputer maupun router harus berada dalam satu segement network yang sama agar masing-masing komputer atau router tersebut bisa saling berkomunikasi. Untuk menghubungkan komputer kita (real device) dengan komputer virtual (komputer di GNS3), maka secara sederhana kita bisa menggambarkan seperti pada gambar dibawah ini.

Dari topologi diatas, interface tap0 pada real device harus memiliki ip address yang berada dalam satu segment network yang sama dengan ip address pada interface e1 pada router IDN_R1. Saya beranggapan bahwa Anda sudah bisa menentukan suatu berada dalam segement yang mana. Lanjuut, maka pada kasus ini kita bisa atur ip address pada interface tap0 dengan menggunakan ip 11.11.11.1/30, sedangkan untuk interface e1 router IDN_R1 kita bisa menggunakan ip 11.11.11.2/30.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.Lakukan konfigurasi untuk memberikan ip address pada komputer kita. Buka file intrface yang berada pada folder /etc/network/.


2.Tambahkan interface tap0 dan berikan ip address pada interface tap0 tersebut.


3.Selanjutnya, set tap0 agar tap0 tersebut persistent


4.Up ip address pada interface tap0 tersebut


5.Selanjutnya, buka GNS3 dengan menggunakan akun super user menggunakan perintah sudo gns3


6.Berikut tampilan GNS3 ketika buka dengan menggunakan akun super user


7.Tambahkan device-device yang dibutuhkan sehingga terbentuk topologi seperti pada gambar dibawah ini


8.Klik kanan pada host1 (real device), lalu klik ethernet tap, tambahkan tap0


9.Tambahkan ip address pada interface e1 pada router IDN_R1, lakukan test ping untuk melihat apakah koneksi tersebut berhasil atau tidak.


10.Selanjutnya, silakan login dengan menggunakan ip address sesuai dengan ip address yang kita berika pada interface e1 router yakni 11.11.11.2. Gunakan username admin, dan password dibiarkan kosong.


Maka nanti akan keluar tampilan seperti pada gambar dibawah ini


Jika proses membangun koneksi tersebut berhasil, maka akan tampil tampilan seperti pada gambar dibawah ini.


12.Cek konfigurasi ip address untuk melihat apakah konfigurasi yang kita lakukan via konsol sebelumnya juga bisa dilihat dan di lakukan konfigurasi lagi menggunakan winbox. Caranya, IP --> Address

Pada winbox, kita juga bisa menggunakan CLI dengan cara klik new terminal, dan ketikkan perintah seperti pada gambar dibawah ini untuk melihat ip address yang terpasang



Congratulations., komputer kita sudah bisa terhubung ke router GNS3 menggunakan winbox

No comments:

Post a Comment

Tak ada gading yang tak retak!!
Komentar dan masukan yang bersifat membangun selalu kami harapkan, demi kebaikan bersama.

Pages